kampus

Teknologi Informasi USU 2017

5/30/2017 11:10:00 AM



Baca dulu : Teknologi Informasi USU.

Karena komentar di postingan saya tentang TI USU cukup banyak, baiklah saya akan coba buat lagi tulisan buat melengkapi yang sebelumnya berdasarkan kondisi Teknologi Informasi USU pada masa kini (tahun 2017) dari kacamata saya, seorang mahasiswi semester udah-ga-usah-ditanya.

Well, mulai dari...

Apa sih Teknologi Informasi itu? Bedanya dengan Ilmu Komputer apa?
Ini pertanyaan yang paling sering muncul. Teknologi Informasi (Information Technology) itu lebih fokus pada implementasi. Jadi, bagaimana kita mempergunakan teknologi dan mengolah informasi supaya bisa langsung diterapkan dan dipakai oleh masyarakat luas. Nah, kalau Ilmu Komputer (Computer Science) itu lebih fokus pada teori seputar komputer. Namanya juga Science, ya. Maka jangan heran kalau di Ilmu Komputer sering bahas tentang seluk-beluk algoritma atau bahkan menciptakan algoritma baru.

Hubungan dari kedua program studi ini adalah... Orang-orang Teknologi Informasi membuat aplikasi dengan bantuan algoritma paling baik yang telah diuji oleh orang-orang Ilmu Komputer. Dan orang-orang Ilmu Komputer, menguji algoritma untuk dipergunakan oleh orang-orang Teknologi Informasi. Keren ya? Saling membantu.

Bagaimana lagi dengan Teknik Informatika?
Untuk program studi yang satu ini, sering juga disebut Informatika (Informatics) saja. Pada hakikatnya, Informatics sama dengan Computer Science (Ilmu Komputer). Hanya namanya saja yang berbeda pada beberapa universitas. Kalau di Universitas Sumatera Utara sendiri, untuk program strata (S1) namanya Ilmu Komputer, dan program diploma (D3) namanya Teknik Informatika. Uniknya, dua prodi ini berada di fakultas yang berbeda. Ilmu Komputer di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI), dan Teknik Informatika di Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA). Kenapa begitu? Haha. Saya pernah nanya ke Bapak Dekan langsung kenapa begitu. Dan jawabannya... Ah, sudahlah. Nanti kalian kecewa. *peace*

Balik ke TI USU ya...

Akreditas TI USU saat ini, B. Semoga ke depannya bisa naik ya.

Apa aja sih yang dipelajari di S-1 TI USU?
Di semester awal, kita masih ketemu sama mata kuliah (matkul) umum seperti Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Alamiah Dasar, PKN, dan Agama. Mulai dikenalin sama matkul Dasar-Dasar Web, ntar tugas besar di akhir semester disuruh buat web dengan HTML + CSS + Javascript + JQuery. Selain web, kita juga bakal ketemu matkul Dasar-Dasar Pemrograman. Ini nih, matkul yang keren. Ga anak TI namanya kalo ga mumet ngerjain program. Kalo udah di TI, kita belajar how to make code. Di semester awal, akan diajarin tentang bahasa C dan C++. Bahasa yang paling dasar dalam pemrograman.

Kenapa belajar yang paling dasar sih kalo udah ada bahasa programming yang lebih mudah kayak Phyton atau Pascal? Kata dosen kita nih, kalo udah ngerti bahasa yang dasar, nanti buat belajar bahasa yang lebih tinggi bisa lebih mudah karena udah tau dasarnya. Kalo udah bisa coding, udah berasa jadi orang paling keren sedunia deh. *abaikan*

Kalo pun ga ngerti tentang program, ga usah takut. Dulu saya juga buta sama sekali tentang programming. Tapi, sekarang dikit-dikit bisa ngerti lah. Jadi, ga usah khawatir ya, semua akan dipelajari dari dasar. Rahasianya cuma satu: MAU BELAJAR. Kalau ada kemauan, pasti ada jalan. Azek.

Setelah belajar tentang web dan program, kita bakal belajar tentang database, jaringan, multimedia, kecerdasan buatan (artificial intelligence), interaksi manusia dan komputer, dan banyak mata kuliah lainnya, termasuk psikologi dan kewirausahaan (entah kenapa saya lebih menikmati dua matkul yang bukan berfokus pada dunia TI ini wkwk). 

Biasanya, di tiap akhir semester akan ada tugas besar buat aplikasi untuk beberapa mata kuliah tertentu. Dan ini biasanya dilakukan per kelompok, meskipun ada juga yang individu. Di setiap semester itu, paling nggak ada 2-5 tugas besar yang harus kita selesaikan. Bayangin, 1 aja mungkin udah mumet. Konon lagi 5. Tapi ga usah khawatir, memang inilah yang harus dijalanin oleh anak-anak TI. Kalem aja. Kamu ngga sendirian.


Apa beda pelajaran di TI USU dan Ilmu Komputer USU?
Deuh, saya ga mungkin sebutin satu per satu ya. Ada mata kuliah yang sama-sama dipelajari di kedua prodi ini, misal Pemrograman Internet, Kecerdasan Buatan, Manajemen Sistem Database, Jaringan, dsb. Tapi, ada juga yang cuma dipelajari di masing-masing prodi. Misal, di TI ada psikologi, Ilkom nggak. Di ilkom ada Fisika (yang katanya sangat menyiksa wkwk), dan di TI nggak ada. Di TI ada dasar-dasar web (belajar html dari awal), Ilkom nggak. Di Ilkom ada Sistem Digital (biasanya ngerangkai PCB dan bisa nyambung ke ilmu robotik), di TI nggak. Dan banyak lainnya.

Susah nggak sih dapetin Indeks Prestasi (IP) di TI USU?
Ini sih balik ke individunya masing-masing. Kalau bagi saya, nggak susah insya Allah. Asal, rajin dateng, rajin ngerjain tugas, dan ikut ujian. Bahkan beberapa temen saya IP-nya 4. Tapi guys, saya ingetin nih. Kalau kuliah itu, niatnya buat nyari ilmu bukan nyari IP. Karena kalau cuma orientasi pada angka dan huruf di KHS (Kartu Hasil Studi) a.k.a IP, wah gawat deh. Bisa-bisa kita halalin segala cara buat dapetinnya. Mahasiswa kok nyontek sih? Ngejilat dosen? Iyuh. Apa jadinya negara ini kelak kalau calon pemimpinnya begitu.

Berapa uang kuliah di TI USU?
Ini juga pertanyaan paling sering muncul. Sejak tahun 2013, USU menerapkan yang namanya Uang Kuliah Tunggal (UKT), dimana uang kuliah mahasiswa disesuaikan dengan kondisi perekonomian orang tua. Jadi, setiap mahasiswa nggak sama besar uang kuliahnya. Ada yang Rp500.000 ada pula yang Rp3.000.000-an per semester. Atau ada yang ngga bayar sama sekali alias gratis, dengan dapetin beasiswa Bidikmisi. Banyak juga kok beasiswa lain yang dari luar, kayak Djarum, Tanoto, CIMB Niaga, Sobat Bumi, BUMN Peduli, BI, dan buanyak lagi ya. Untuk mahasiswa jalur mandiri, jelas uang kuliahnya lebih mahal dibanding jalur reguler ya. Untuk berapa pastinya, saya juga kurang tau. Maklum ya, saya masuk ke angkatan terakhir yang merasakan uang kuliah biasa, yaitu Rp1.500.000 per semester (bukan UKT).

Nah. Udah dulu deh ya. Kalau masih ada pertanyaan lagi, bisa tinggalin komentar di bawah ini!

Semangat ya, adik-adik yang mau masuk TI USU!
Sihiiiy!


Ida Mayasari



Share postingan ini jika kamu anggap bermanfaat! :)
Klik kanan pada icon social media di bawah ini, pilih open link in new tab/window!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Assalamualaikum kk, Alhamdulillah saya lulus di TI kk. Mkasih ya kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Wah, barakallah. Selamat, Dek! Semoga betah dan berkah ya. :)

      Delete

jangan sungkan untuk berkomentar ya :)