My Days

Nulis Cerita Anak

4/06/2017 12:04:00 AM



Sebulan lalu saya mendapat info tentang sayembara menulis cerita anak dari Tya, adik binaan yang telah mendahului pulang ke rahmatullah.

Sungguh, banyak inspirasi yang saya dapat dari Tya, termasuk minatnya menulis cerita anak yang sering diterbitkan di majalah.

Maka, sejak sebulan lalu saya mulai brainstorming ide untuk lomba ini. Hingga ide yang terkumpul saya mulai realisasikan pada akhir bulan lalu. Ilustrator juga sudah saya dapatkan, seorang junior waktu SMA yang hobi menggambar dengan teknik water coloring.

Saya mulai baca-baca tulisan tentang tips menulis cerita anak. Dan dalam sekejap saya jatuh cinta pada dunia yang satu ini.

Selama ini saya memang suka anak-anak. Namun, tidak pernah terpikir akan menulis cerita anak. Bahkan untuk sayembara kali ini, saya bukan lagi dituntut menulis cerita pendek, tapi novel. Wah, tantangan yang sangat memacu adrenalin!

Setelah saya pelajari, ternyata menulis cerita anak banyak manfaatnya. Salah satunya adalah menyisipkan living values (nilai-nilai kehidupan) atau hikmah dengan bahasa anak tanpa harus menggurui. Bayangin, kalau dari kecil anak-anak sudah dibiasakan membaca cerita atau buku yang kaya hikmah, ditambah mendapat didikan yang baik dari keluarga dan lingkungan, insya Allah di masa depan mereka akan jadi generasi emas yang bisa memberikan berkah pada agama, bangsa, dan negara.

Saya bersyukur ketika kecil dahulu dijejali buku-buku dan majalah oleh kakak kedua. Dari situ lah saya tahu banyak ilmu pengetahuan baru dan sampai kini jadi senang membaca buku.

Eh, lama-kelamaan kenapa tulisan saya ini jadi begitu sederhana tanpa diksi yang berat seperti biasanya? Hmm, mungkin terbawa suasana. 😅

Doakan saya segera menyelesaikan novel anak untuk sayembara ini ya. Semoga menang juga. Hehe. 😄

Hai, anak-anak Indonesia! Nantikan tulisan saya mencerahkan hari-hari kalian! *pede itu baik* 😁

©idamysari | 170405



Share postingan ini jika kamu anggap bermanfaat! :)
Klik kanan pada icon social media di bawah ini, pilih open link in new tab/window!

You Might Also Like

0 komentar

jangan sungkan untuk berkomentar ya :)