little notes

Hidayah

2/21/2017 09:53:00 AM



Sebab dakwah bukan hanya hitungan sehari dua hari, sepekan dua pekan. Tapi butuh bertahun-tahun dengan pertolongan Allah hingga tunas yang dahulu kita tanam, bisa tumbuh secara sempurna.

"Pembinaan akhwat stagnan.", kata seseorang suatu ketika.

Astaghfirullah. Allahummaghfirli. Saya tahu, saya lah pembina para akhwat yang dimaksud. Saya juga benar tahu, bagaimana kondisi mereka, dan apa saja yang menyebabkan terlihat stagnan-nya perkembangan mereka. Tapi tak bisakah sesama pembina saling bertanya, tabayyun terlebih dahulu, izinkan saya memaparkan kondisi, baru kita semua boleh mengambil simpul dan solusi.

Benarlah, dakwah ini berat. Sebab yang ingin kita tuntun menuju kebaikan adalah manusia yang punya hati. Hati kita sendiri saja bukan kita yang punya, konon lagi hati orang lain.

Lantas, bagaimana saya bisa memaksakan seseorang untuk hijrah secepatnya. Sedangkan Allah sendiri yang mengatakan,

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk." (An-Nahl : 119)

Saya yang lemah dan banyak kurangnya ini bisa apa jika hidayah itu hak mutlak Allah. Bahkan seorang rasulpun tak bisa mendatangkan hidayah untuk orang yang dikehendakinya.

Maka, Kawan.
Menjadi perantara hidayah bagi orang lain bukanlah sebuah kebanggaan yang bisa kita banggakan di dunia. Hati-hati ujub dan sombong. Ingat, sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.

Jika hari ini binaan kita telah tumbuh subur secepat kilat, sungguh semua itu karena pertolongan Allah. Jika ada kawan yang binaannya masih berkecambah, maka do'akan dan bantulah perkembangannya, bukan malah men-judge tanpa tabayyun. Sebab kita tak tahu persis apa yang telah diupayakannya.

Wallahu a'lam.
Hanya sebuah pengingat untuk diri sendiri. Dan orang lain.

Salam dakwah,

Hamba yang lemah
Ida Mayasari



Share postingan ini jika kamu anggap bermanfaat! :)
Klik kanan pada icon social media di bawah ini, pilih open link in new tab/window!

You Might Also Like

0 komentar

jangan sungkan untuk berkomentar ya :)