little notes

Jangan Paksakan

10/25/2016 07:41:00 PM



Seminggu belakangan menyadarkan saya akan satu hal.

Saya diamanahkan membina beberapa kelompok mentoring. Masing-masing kelompok punya karakteristik dan perkembangan masing-masing. Sebagai seorang mentor, saya juga harus memberikan treatment yang berbeda-beda.

Mentor manapun pasti sangat berharap para menteenya benar-benar 'jadi'. Hanya saja, si mentor tak bisa menjamin kapan waktunya. Karena apa? Karena hidayah itu miliknya Allah.

Memaksa mentee agar 'jadi' dalam waktu cepat justru akan menghambat perkembangannya. Ibarat kereta api Indonesia yang dipaksa menjadi shinkansen. Kalau dipaksakan, nanti roda-roda mereka patah.

Saya mendapatkan realita pada kelompok-kelompok mentoring yang saya bina. Ada kelompok yang tanpa saya upayakan begitu keras, justru begitu merasakan keterikatan hati dengan saya. Semangat perubahan mereka begitu kuat. Pertemuan tiap minggu menjadi candu. Namun, ada kelompok yang saya upayakan begitu keras. Tapi, hasilnya masih terlihat jauh dari harapan.

Sadarlah, ada Zat yang punya rencana dan menentukan hasil segala sesuatu. Tugas kita sebagai mentor hanya berusaha dan berdo'a semampu yang kita bisa. Hasilnya, serahkan saja ke Allah. Tak perlu dengarkan bisik-bisik tetangga "Sudah bertahun mentoring, masa masih belum jadi juga. Di lingkarannya ngapain aja."

Sungguh, mereka tak tahu apa yang telah kita upayakan. Bahkan hingga kita menangis darahpun, mereka tak akan mengerti.

Maka, bersabarlah. Istiqomahlah. Teruslah berupaya. Berdo'a. Hidayah itu hak mutlaknya Allah. Just do the best, and let Allah do the rest.

Salam semangat!


Ida Mayasari



Share postingan ini jika kamu anggap bermanfaat! :)
Klik kanan pada icon social media di bawah ini, pilih open link in new tab/window!

You Might Also Like

0 komentar

jangan sungkan untuk berkomentar ya :)